Berbisnis Toko Online juga menguntungkan lho

Persaingan bisnis yang semakin tinggi menuntut para pelaku usaha untuk selalu kreatif dan inovatif untuk memenangkan persaingan. Salah satunya dengan melakukan penetrasi pasar melalui internet. Jika selama ini toko offline hanya bisa menjangkau pasar lokal yang terbatas, saat ini internet menjadi media yang paling tepat bagi para pelaku usaha untuk memperluas pangsa pasarnya dengan membuka toko online. Melalui jaringan internet Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar lokal namun bisa menjangkau pasar nasional bahkan internasional. Sehingga toko online menjadi solusi tepat bagi para masyarakat yang ingin terjun di dunia usaha.

Pada dasarnya toko online tidak jauh berbeda dengan toko yang dibuka secara offline. Yang membedakannya hanya lokasi usaha dan cara pembeliannya saja. Bila toko konvensional (toko offline) membutuhkan lokasi yang strategis untuk memulai usaha, toko online hanya membutuhkan jaringan internet dan membuat website, blog atau jejaring sosial sebagai tempat usahanya. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang beranggapan bahwa toko online merupakan peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah dan murah, serta memberikan banyak keuntungan bagi pelakunya.

Lalu, apa saja keuntungan yang diperoleh dari toko online? Berikut ini kami informasikan beberapa kelebihan toko online dibandingkan toko konvensional (toko offline) :

  • Jangkauan pasar yang lebih luas. Bila pemilik toko offline hanya bisa memasarkan produk-produknya di sekitar lokasi usaha, lain halnya dengan pemilik toko online. Dengan bantuan internet maka pemilik toko online dapat memasarkan produknya hingga ke berbagai daerah yang memiliki jaringan internet. Perkembangan teknologi seperti inilah yang memudahkan para pelaku bisnis online untuk menembus jarak yang cukup jauh dengan cara yang sangat mudah.
  • Modal usaha yang sangat minim. Membuka toko online tidak memerlukan modal besar, bahkan banyak pelaku bisnis yang membuka toko online dengan situs-situs gratisan (seperti melalui facebook, twitter, blog, dll). Modal utama Anda hanyalah informasi dan pengetahuan di bidang internet serta membayar biaya sewa hosting dan domain per tahun (yang biayanya relatif murah).
  • Operasional usaha yang sangat mudah. Tidak seperti pada toko offline yang membutuhkan beberapa karyawan untuk melayani konsumen. Toko online hanya membutuhkan satu orang pengelola yang mengerti tentang internet untuk melayani permintaan para konsumennya. Sebab transaksi pemesanan dapat dilakukan melalui email, sms, atau chat online, sedangkan untuk transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan cara transver via bank atau menggunakan paypal.
  • Peluang untuk mengembangkan usaha lebih besar. Jika pada toko offline biaya pengembangan usaha cukup tinggi, di toko online Anda dapat mengembangkan usaha tanpa tambahan biaya. Dengan penetrasi pasar yang cukup luas Anda dapat menambahkan beberapa variasi produk baru untuk menarik minat pasar. Dan semuanya dapat di-upload (diunduh) dengan gratis pada situs Anda, tanpa batas tertentu.
  • Promosi setiap harinya selama 24 jam non-stop. Untuk mempromosikan peluang bisnis di internet, Anda tidak perlu repot-repot membuat brosur atau neon box dengan biaya mahal. Anda hanya perlu memasang iklan baris maupun iklan baner yang gratisan maupun berbayar, dan semuanya dapat diakses oleh konsumen selama 24 jam non-stop. Sehingga memudahkan para konsumen untuk menemukan toko online Anda kapan saja dan dimana saja.

Di masa yang serba teknologi seperti sekarang ini, sudah saatnya kita berinovasi dari toko yang dulunya offline menjadi toko online untuk memenangkan persaingan pasar. Untung besar berbisnis toko online semoga bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca untuk mulai terjun di bisnis online.

Untuk lebih kuatnya kita padukan BinisĀ  offline dan online, sebagaiamana toko almishbah, yang mau datang silakan datang, yang mau pesan bisa pesan dari luar kota Yogyakarta, Kepercayaan kepada calon pelanggan merupakan modal bisnis online juga

Selamat mencoba dan salam sukses.

 

sumber: bisnisukm.com