Gastrohiu lebih detail

MENGENAL ADAS
Adas adalah tanaman obat yang banyak digunakan di seluruh dunia,tidak hanya dimanfaatkan sebagai obat, di Indonesia adas merupakan tanaman yang juga kerap kali digunakan sebagai bumbu karena baunya yang harum.
Adas termasuk tanaman yang dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, namun adas akan tumbuh lebih baik pada dataran tinggi.
Berbagai manfaatnya yang terkandung dalam tanaman ini menjadikan banyak negara antusias menanam adas , selain indonesia negara – negera seperti India, Argentina, Eropa, dan Jepang termasuk sederetan negara yang melakukan budi daya tanaman ini,

Adas termasuk tanaman yang berumur panjang, dengan tinggi 50 cm-2m dengan tumbuh merumpun.
Saat masih muda adas berwarna hijau, setelah tua adas bisa berwarna cokelat agak hijau atau cokelat agak kuning sampai sepenuhnya cokelat. Namun, warna buahnya berbeda-beda tergantung negara asalnya. Buah yang sudah masak mempunyai bau khas, bila dicicipi rasanya relatif seperti kamper.
Adas juga bisa menghasilkan minyak adas, yang merupakan hasil sulingan serbuk tanaman adas yang sudah masak dan kering. Ada dua macam minyak adas yaitu manis dan pahit. Keduanya, sering digunakan dalam industri obat-obatan.
Sering kali adas juga dipakai untuk bumbu atau digunakan sebagai bahan yang dapat memperbaiki rasa dan mengharumkan ramuan obat. Biasanya, pemakaian adas sering digunakan bersama-sama dengan kulit batang pulosari.
Sinonim :
E officinale. All. Anethum foeniculum, linn.
Familia: Apiaccae (umbellferae)
Nama daerah: 
Hades (sunda), Adas Londa, Adas Landi (jawa), Adhas (Madura), Adas (bali), wala wunga (sumba), das pedas (aceh), adas pedas (melayu), Adeh, Manih (mingkabau), paapang, paampas (Menado), Popoas (alfuru), denggu-denggu (gorontalo), papaato (Buol), porotomo (Baree), Kumpasi (Sangir Talaud), adasa, rempasu (Makassar), Adase (Bugis), Hsiao Hui (China), Phong Karee, Mellet Karee (Thailand), Jintan Manis (Malaysia).
Berikut beberapa kegunaan ADAS sebagai obat alternatif :
~ Sakit perut (mulas), kembung, mual, muntah, diare.
~ Sakit kuning (jaundice), kurang nafsu makan.
~ Batuk berdahak, sesak napas (asma).
~ Nyeri haid, haid tidak teratur.
~ Air susu ibu (ASI) sedikit.
~ Proteinuria.
~ Insomnia.
~ Buah pelir turun (orchidoptosis).
~ Usus turun ke lipat paha (Hernia inguisnalis).
~ Pembengkakan saluran sperma (epididimis).
~ Penimbunan cairan di dalam kantung buah zakar (hidroke testis).
~ Mengurangi sakit akibat batu dan membantu menghancurkannya.
~ Rhematik.
~ Keracunan tumbuhan obat atau jamur.
~ Batuk.
~ Perut kembung.
~ Mengatasi Maag.
~ Menetralkan Asam lambung.
Selain itu, pemberian minyak biji adas dapat meredakan kolik pada bayi berusia 2-12 minggu. Bahkan, bayi yang diberi produk yang mengandung bahan adas pun jangka waktu menangisnya lebih pendek.
Produk Herbal Indo Utama yang menggunakan adas ini di antaranya :
~ Syifa Kids Diare
~ Syifa Kids Vintangin
~ GASTROHIU